Perhatikan! Penyebab Mobil Mogok Saat Mesin Panas

5 Penyebab Mobil Mogok Saat Mesin Panas yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan! Penyebab Mobil Mogok Saat Mesin Panas - Overheating engine (mesin terlalu panas hingga menyebabkan mobil mogok) dapat menjadi konsekuensi yang mungkin timbul dari beberapa masalah mobil termasuk radiator yang tersumbat, sistem pendingin yang retak, pompa air yang rusak, atau termostat yang buruk. Sebagian besar mesin mobil beroperasi antara 195 ° F dan kisaran 220 ° F.

Kerusakan apa pun pada komponen ini dapat menyebabkan suhu ini naik melampaui tingkat normal, yang menyebabkan mobil Anda terlalu panas.  Selain itu  Masalah Sistem Karburator  juga perlu menjadi perhatian penting Anda.

Jadi melalui tulisan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda tentang penyebab umum dari overheating engine, konsekuensi overheating engine, apa yang terjadi ketika engine overheating dan bagaimana cara mengatasinya. Simak ulasan berikut ini!

Konsekuensi Overheating Engine
Biasanya, mesin mobil perlu diservis dalam lima sampai tujuh tahun pertama. Namun demikian, mesin di beberapa mobil dapat beroperasi lebih dari 10 tahun tanpa masalah. Namun, penting untuk rutin memelihara mobil Anda untuk melindungi mesin mobil Anda. Dengan melakukan ini, Anda tidak perlu khawatir mengganti atau bekerja pada mesin mobil secara teratur.

Meskipun mesin mobil diproduksi dengan rentang hidup yang panjang, ia tidak tahan suhu yang sangat tinggi untuk waktu yang lama. Disamping itu penggantian oli rutin wajib dilakukan dan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Pada situasi seperti itu, mesin mobil dapat berhenti bekerja, apalagi seal dan gasket dapat rusak serius ketika terkena suhu tinggi yang tidak dapat mereka tangani. Dalam semua kasus, panas berlebih dapat menyerang mobil dengan buruk dan bahkan Anda memiliki terlalu banyak uang, Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaikinya. Jadi inilah mengapa sangat penting untuk mengetahui penyebab overheating mesin dan bagaimana menghadapi situasi seperti itu.

Penyebab Khas Mesin Terlalu Panas
Pasti menyebalkan ketika Anda mengemudi untuk menangkap pertemuan yang mendesak tetapi tiba-tiba uap mulai memuntahkan dari bawah kap, dan Anda harus menepi di suatu tempat. Yang lebih mengerikan adalah kemungkinan perbaikan yang mahal karena terlalu panas bisa sangat merusak untuk berbagai bagian di mobil Anda. Mari kita cari tahu beberapa penyebab mesin overheating:

1. Kebocoran Dalam Sistem Pendinginan

Udara yang masuk ke sistem melalui kebocoran adalah salah satu kemungkinan penyebab panas mesin berlebih. Pendingin menetes melalui tusukan, menciptakan ruang bagi udara untuk disedot. Udara mengambil bentuk gelembung besar, yang dikenal sebagai airlock, dan menempati bagian atas sistem. Pendingin tidak dapat mendorong melalui itu untuk mencapai mesin, menyebabkan overheating.

2. Cairan Pendingin Berkualitas Rendah Hingga Mudah Mengental Akibat Cuaca Dingin

Ini masalah yang menjengkelkan dalam cuaca dingin, terutama di tempat-tempat di mana suhu turun di bawah titik beku. Jika cairan pendingin tidak berkualitas tinggi, cairan tersebut dapat terkonsentrasi dan menyebabkan penyumbatan. Kondisi seperti itu akan mengakibatkan mesin terlalu panas dan merusak radiator.

3. Penyumbatan Sirkulasi Pendingin

Ini dapat menyebabkan gejala yang sama dengan pendingin gel. Kadang-kadang, termostat yang cacat, deposit mineral, atau benda asing dapat menghalangi cairan mengalir melalui radiator untuk menyebarkan panas.

4. Oli engine berkualitas rendah

Oli engine sendiri membantu proses pendinginan dan mencegah penumpukan panas yang berlebihan. Faktanya, bahan bakar menghilangkan 75% hingga 80% dari panas yang tidak digunakan dalam mesin akibat oli engine tidak berfungsi maksimal. Jika dilumasi dengan benar, akan mampu mengurangi gesekan dan overheating berikutnya.

5. Pompa Cairan Rusak

Itu adalah salah satu alasan paling sering terjadinya overheating engine. Ini adalah komponen yang secara aktif berperan dalam menjaga sirkulasi pendingin. Komponen ini bisa aus atau pecah dari waktu ke waktu, menyebabkan kerusakan impeller hingga tidak berputar lagi. Nah itu dia Penyebab Mobil Mogok Saat Mesin Panas semoga bermanfaat. [SM]
close