Mudah dan Cepat! Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang

Mudah dan Cepat! 9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang

Mudah dan Cepat! Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang - Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah melakukannya. Sebab pekerjaan ini butuh keuletan dan keahlian.

Jika dilakukan oleh sembarangan orang,  bisa saja pengecatan tersebut tidak memberikan hasil yang sempurna salah satunya cat mobil belang. Nah, untuk mengatasi cat mobil yang belang, bisa diikuti langkah berikut.

Baca juga: Daftar Harga mobil Toyota Bali terbaru

1. Lakukan pengecatan di bengkel yang resmi
Mengecat mobil sudah dijelaskan bukan suatu hal yang mudah dan karena kondisi tertentu bisa saja warna mobil akan belang. Untuk menghindari hal ini terjadi, bawakan mobil ke bengkel yang resmi kemudian lakukan pengecatan ulang.

Hindari menggunakan bengkel abal-abal jika ingin hasil yang memuaskan. Sebab bengkel resmi akan melakukan proses pengerjaan pada mobil dengan keahliannya dan sudah mempunyai pengalaman. Hal yang tidak diinginkan terjadi bisa diminimalisir.

2. Bersihkan permukaan yang akan dilakukan pengecatan
Bagian mobil yang akan dilakukan pengecatan dibersihkan dulu dari berbagai kotoran. Sehingga nanti catnya tidak bercampur dengan berbagai kotoran yang bisa membuat tampilan terganggu. Jadi untuk hasil yang bersih, jangan lupa dibersihkan dulu bagian mana saja yang akan dicat. Lakukan cara mencuci mobil  dengan benar.

Baca juga: Promo mobil Toyota Bali terbaik

3. Ikuti prosedur
Saat melakukan pengecatan jangan langsung dicat tanpa tahu apa-apa dan jika memag tidak bisa, jangan lakukan sendiri. Proses mengecat ini dilakukan harus sesuai prosedur yang sudah disediakan oleh produsen cat itu sendiri. Selain itu, jangan lupa gunakan jasa teknisi yang bisa dipercaya, terlatih dan sudah berpengalaman. Jika warna mobil adalah hitam, lakukan juga  cara mengkilapkan cat mobil warna hitam setelahnya.

4. Lakukan di dalam ruangan
Proses pengecatan atau untuk membuat warna cat semuanya berwarna sama sebaiknya dilakukan dalam ruangan. Jangan di ruangan gelap tetapi buatkan cahaya dengan tingkatan yang memadai. Selain itu, sebelum cat tersebut disemprot, perlu di cek terlebih dulu jangan langsung main semprot saja.

5. Gunakan vernis yang bagus
Saat melakukan pewarnaan ulang sebaiknya pilihlah clear coat atau jika digunakan vernis, maka gunakan yang berkualitas bagus. Cirinya yang bisa tahan sinar UV dengan intensitas tinggi, long durability, hardness, serta ada scratch resistance sehingga bisa benar-benar melindungi kendaraan. Gunakan juga paint protection terbaik.

6. Kemampuan mengaduk cat
Saat mengecat warna mobil dan untuk mendapatkan warna yang sama persis dengan warna pabrikan memang sulit. Nah, ini juga bisa berhasil jika teknisi sudah benar-benar ahli dalam mencampuradukkan warna. Sehingga sangat perlu lakukan di bengkel dimana teknisinya sudah ahli dalam proses pengecatan mobil.

7. Tunggu cat hingga benar-benar kering
Jika cat belum kering maka jangan paksakan untuk terus menggunakan mobil tersebut. Apalagi jika saat itu turun hujan , sebaiknya tunggu dulu hingga semua cat kering dengan sempurna. Sehingga waktu yang paling bagus dilakukan proses pengecatan mobil ialah saat matahari sedang terik-teriknya. Gunakan juga pelindung cat mobil dan pastikan untuk  membawa ke bengkel resmi. Jangan lupa ketahui dulu kisaran harga yang harus dibayarkan.

8. Mengoleskan dempul
Ini dilakukan secara tipis dan merata juga dilakukan pelan-pelan. Hindari proses yang buru-buru sebab hasilnya yang didapatkan nanti tidak maksimal. Apalagi jika hasilnya tidak merata bahkan ada yang bolong-bolong tentu proses ini harus diulang dari awal.  Tunggu dulu hingga dempul yang awal tadi kering, baru dilakukan dempul selanjutnya.

Baca juga: Ini Dia Sales Toyota Bali terbaik

9. Lakukan ampelas
Tunggu hingga dempul kering sempurna barulah ampelas dilakukan. Pertama gunakan ampelas yang kasar, selanjutnya gunakan media plat atau lempengan jika hasilnya ingin lurus. Kemudian diulangi ampelas halus dan tambahkannya menggunakan air. Setelah kering, barulah proses pengecatan dilakukan.

Sekian artikel perawatan body mobil tentang 9 cara mengatasi cat mobil yang belang. Bagi yang selama ini sering membawa ke bengkel yang sembarangan, saat ini mulailah membawa ke bengkel yang resmi. Semoga bermanfaat. [SM]
Copyright © Automotifbali.com - Blog Otomotif Bali Mobil & Motor | Jasa Pembuatan Website di Bali