Ampuh! Cara Mengatasi Aki Mobil Drop

Ampuh! 7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop

Ampuh! Cara Mengatasi Aki Mobil Drop - Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa aki, maka mobil tidak bisa berjalan. Selain itu, komponen yang lain juga ada yang membutuhkan aki agar bisa menyala. Nah, untuk mengatasi hal ini jika terjadi tiba-tiba sebaiknya diketahui dulu apa penyebabnya sehingga tips mengetahuinya bisa dilakukan.

1. Pastikan listrik mati
Sebenarya aki drop ini juga akibat pengguna yang kurang peduli pada komponen mobil yang terhubung ke listrik. Maka sebelum meninggalkan mobil, pastikan semua bagian mobil yang ada hubungan dengan listrik dimatikan.

2. Pembongkaran aki
Aki yang ngedrop salah satunya karena aki tersebut basah. Maka sebelum diperbaiki, aki yang sudah basah ini dibongkar terlebih dulu. Kemudian dikeluarkan aki tersebut dari mobil. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati untuk menghindari resiko bahaya cabut aki sembarangan.

Baca juga: Daftar Harga mobil Toyota Bali terbaru

3. Hilangkan cairan yang ada pada aki
Berbagai cairan yang ada pada aki mobil dibersihkan hingga ke bagian sel-sel dari aki tersebut. cara membersihkannya bisa dilakukan dengan cara apa saja atau juga bisa dikuras yang penting semua air yang ada di dalam aki benar-benar kering atau hilang.

4. Gunakan air panas
Air panas ini dimasukkan atau dituangkan ke sel. Tujuannya agar sel yang mati itu bersih dan bisa aktif kembali. Langkah ini dilakukan hingga 2 atau 4 kali dan bisa berhenti jika air buangan yang keluar benar-benar sudah bersih.

5. Pengeringan aki
Aki yang sudah basah dikeringkan hingga kering sempurna. Lama waktunya minimal 3 jam atau bisa juga dilakukan hingga sehari penuh. Yang penting, jangan sembarangan beli kabel aki mobil jika tidak ingin aki mudah basah.

6. Pengisian air aki
Ini dilakukan setelah aki tersebut dijemur hingga benar-benar kering. Air aki yang dimaksud disini bernama air zuur dituangkan ke dalam aki. Juga ditambahkan pada setiap sel aki itu satu obat bodrex yang sebelumnya telah dilakukan penumbukan hingga obat tersebut benar-benar halus.

Baca juga: Promo mobil Toyota Bali terbaik

7. Tunggu hingga satu hari
Setelah proses diatas dilakukan jangan langsung menggunakan aki yang sudah diperbaiki tadi. Tetapi tunggu atau didiamkan aki tersebut selama 1 hari. Kemudian baru aki tersebut bisa digunakan kembali. Ini adalah cara mengatasi aki yang drop dengan memanfaatkan obat sakit kepala atau yang umum digunakan obat bodrex. Pastikan tidak ada masalah sistem karburator yang terjadi juga.

Namun jika langkah tersebut tidak ampuh dan dihari berikutnya, aki tersebut tekor terus. Coba praktekkan langkah berikut ini.

- Ketahui volume air
Jika aki mobil terus mengalami tekor, maka hal yang bisa dilakukan ialah dengan melihat volume air aki. Harusnya air tersebut berada di antara upper dan lower. Umumnya aki drop juga bisa disebabkan karena sel tertentu dari aki tersebut kering atau airnya berada di bawah level lower.

- Penambahan air
Ini dilakukan jika benar aki tersebut sudah kering. Setelah ditambahkan, lakukan charge accu yang terpisah. Langkah lain juga bisa dibawakan charge accu ke tempat setrum accu hingga aki tersebut penuh muatan listriknya.

Setelah penuh, lakukan pengujian pemutaran mesin sebanyak 2 ataupun 3 kali dalam waktu 10 menit. Jika akinya tidak kuat untuk memutar mesin, solusi yang bagus ialah mengganti aki yang sudah bagus lagi dengan yang baru. Ini lebih mudah dilakukan sebab tidak harus selalu bermasalah dengan aki yang rusak atau drop.

Baca juga: Ini Dia Sales Toyota Bali terbaik

- Pemeriksaan tegangan
Saat mesi hidup lakukan pemeriksaan tegangan pengisiannya dari alternator. Nah, untuk pemeriksaan ini juga berhubungan dengan bahaya yang bisa ditimbulkan ngecharge hp di dalam mobil bagi aki, sehingga kurangi kegiatan tersebut.

Jika tegangan pengisiannya tidak sampai 13.5 volt maka bisa berisiko dan ini juga salah satu pemicu aki tersebut tidak bisa dipakai. Gejalanya bisa dilihat saat starter mobil. Pastikan untuk melakukan cara meminimalisir kerusakan mobil karena jalan berlubang karena juga akan berpengaruh pada aki.

Sekian artikel tentang cara mengatasi aki mobil yang rusak. Nah, jika langkah ini sudah dilakukan, namun aki tersebut masih sering drop lebih baik ganti saja dengan yang baru. [SM]
Copyright © Automotifbali.com - Blog Otomotif Bali Mobil & Motor