Berikut Cara Tepat Memarkirkan Mobil di Tanjakan dan Turunan

Berikut Cara Tepat Memarkirkan Mobil di Tanjakan dan Turunan - Sebelumnya sudah dibahas mengenai cara parkir seri atau paralel yang tepat. Lanjut yang tidak kalah menantang, adalah cara parkir yang tepat di jalan menanjak atau menurun.

Sebenarnya tidak disarankan untuk parkir di jalan yang tidak datar lantaran ada risiko mobil bergerak turun. Namun kalau diharuskan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya tidak timbul masalah.

1. Perhatikan lokasi parkir
Lokasi parkir menurun hampir pasti berada di pinggir jalan secara paralel atau sejajar. Oleh sebab itu, perhatikan dulu kondisi jalan di sekitar tempat parkir. Jangan parkir di tempat yang ada rambu dilarang parkir.

Sebaiknya tidak memarkirkan mobil pada titik bidang pandang yang terhalang. Perhatikan lingkungan saat parkir, apabila medannya berkelok, hindari parkir pada blind spot dari bawah.

Selain itu, butuh ruang parkir lebih luas saat parkir di jalan miring karena ada jeda saat kaki pindah dari pedal rem ke pedal gas yang punya potensi membuat mobil bergerak turun. Jangan paksakan bila space tidak memadai.

2. Operasikan rem parkir
Meski dalam posisi parkir paralel, pastikan rem parkir diaktifkan. Tarik dengan penuh keyakinan hingga maksimal. Hal ini untuk menjaga agar kendaraan tidak bergerak turun.

3. Roda depan dalam posisi belok
Salah satu yang penting, posisikan roda mobil berbelok ke arah bahu jalan atau trotoar. Sedikit saja arah beloknya dan tidak perlu sampai menyentuh trotoar.

Hal ini berguna apabila kendaraan Anda bergerak secara tiba-tiba, trotoar atau bahu jalan akan menahan laju mobil agar tidak bergerak. Kalaupun tidak ada trotoar, mobil Anda akan bergerak ke arah bahu jalan dan tertahan lajunya.

Kalau Anda parkir dalam posisi menurun atau bagian depan kendaraan mengarah ke bawah, belokkan ban ke arah bahu jalan. Sementara saat parkir menanjak atau bagian depan mobil mengarah ke atas, belokkan ban ke arah badan jalan.

4. Masukkan gigi transmisi
Untuk mobil manual, dalam kondisi menurun dianjurkan untuk memasukkan transmisi mundur (R). Sebaliknya saat kondisi menanjak adalah dengan memasukkan gigi 1.

Sedangkan untuk mobil otomatis, selalu pastikan transmisi sudah dalam posisi parkir (P). Perilaku memasukkan gigi ini berguna mengunci roda yang menjadi sistem penggerak mobil. Jangan lupa tarik rem parkir juga.

5. Pelajari cara parkir paralel yang benar
Hampir pasti Anda akan memarkirkan mobil dengan posisi paralel di jalan menurun. Oleh sebab itu, Anda harus punya keterampilan yang memadai mengingat posisi jalan menurun memberi tantangan tambahan ketika manuver parkir.

Seperti diketahui bersama, sebagian dari pengemudi kurang terampil ketika parkir paralel. Makanya, Anda juga harus mengukur kemampuan saat ingin parkir. Jangan dipaksakan kalau medan parkirnya sulit.

Selain itu, jaga space parkir yang memadai dengan mobil di depan dan belakang agar tidak menyulitkan saat ingin keluar. Pastikan kondisi jalan aman saat ingin keluar dengan mengecek spion samping, terutama di posisi jalan menurun.


______
Source:
Bagaimana Cara Tepat Memarkirkan Mobil di Tanjakan dan Turunan? https://bit.ly/2mktRbm
Copyright © Automotifbali.com - Blog Otomotif Bali Mobil & Motor | Jasa Pembuatan Website di Bali